FAQ (Frequently Asked Question)

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan. Jika ada pertanyaan yang belum terjawab, silahkan kontak kami.

  1. Apakah Praxis Academy itu?
    Praxis Academy adalah sekolah pemrograman yang mengkhususkan pada sistem enterprise. Sekolah ini mendidik siswa untuk berkarir di bidang software engineering, khususnya untuk aplikasi level enterprise.

  2. Mengapa diberi nama “Praxis”?
    Terminologi praxis dalam konteks proses merupakan proses untuk mewujudkan dan menyatukan teori, pelajaran, maupun skill ke dalam diri seorang pembelajar. Dalam konteks yang sama, seringkali praxis digunakan untuk merujuk pada realisasi dari ide-ide. Kedua arti dari terminologi ini sesuai dengan filosofi pendidikan yang dilaksanakan di Praxis Academy.

  3. Berapa lama proses pendidikan dilaksanakan?
    Proses pendidikan dilaksanakan selama 2 bulan penuh (berdasarkan bulan kalender, bukan hari kerja).

  4. Seperti apa proses pendidikan tersebut?
    Pendidikan dilaksanakan jam 09:00 - 17:00 WIB. Pendidikan dilaksanakan dalam 3 tahap, mulai dari pembelajaran dengan mentoring selama 1 bulan pertama serta 1 bulan berikutnya untuk penyelesaian kasus dengan bimbingan dari mentor (terdiri atas 2 tahap - kasus mandiri dan kasus tim). Dengan demikian, siswa akan dididik untuk mempunyai kemampuan mandiri serta kemampuan kerja kelompok.

  5. Berapa biaya yang harus dibayarkan?
    Praxis Academy tidak menarik biaya apapun dari siswa / calon siswa, mulai dari pendaftaran, seleksi, proses pendidikan, maupun setelah selesai pendidikan.

  6. Saya kurang yakin, apa banar tidak ada biaya yang dibayarkan? jangan-jangan nanti menahan ijazah saya atau sejenisnya?
    Tidak, model bisnis kami tidak seperti itu. Tidak ada ijazah yang ditahan, tidak ada dokumen-dokumen yang ditahan, tidak ada pembayaran setelah diterima bekerja, dan sejenisnya. Informasi lebih lanjut terkait hal ini akan kami berikan kepada siswa setelah diterima.

  7. Mengapa menggunakan platform Java?
    Platform Java sudah sejak lama digunakan untuk membangun software enterprise. Survei yang dilakukan oleh Tiobe pada bulan mei 2019 menempatkan java pada urutan paling atas. Praxis Academy juga menggunakan JavaScript yang bersama-sama dengan Java merupakan bahasa pemrograman paling banyak digunakan di industri untuk full stack enterprise software developemnt (sumber)

  8. Program apa saja yang tersedia?
    Saat ini, Praxis Academy membuka program Full Stack Enterprise Application Developer, tapi tidak menutup kemungkinan adanya program-program lain di masa yang akan datang.

  9. Apakah syarat-syarat untuk mendaftar di Praxis Academy?
    Secara umum, berikut adalah syarat-syarat pendaftaran:

    • Berusia 21 - 30 tahun (per tanggal mulai)
    • Mempunyai laptop - lebih bagus Ubuntu Linux dengan memory minimal 8 GB (4 GB sebenarnya bisa, tetapi relatif lebih lambat). Laptop dengan OS lain dipersilahkan tetapi siswa harus bertanggungjawab sendiri terhadap pilihan mereka masing-masing.
    • Tidak mensyaratkan tingkat pendidikan tertentu
    • Bersedia mengikuti proses pendidikan fulltime (9 pagi - 5 sore) selama 2 bulan
    • Lolos seleksi (meliputi wawancara dan asesmen kemampuan akademik)
    • Tidak sedang bekerja / mempunyai ikatan dengan instansi dalam hubungan pekerjaan.